Ahlan wa Sahlan

Ini adalah blog informasi dan komunikasi tentang proses pendidikan dan kegiatan-kegiatan pondok di Pondok Modern An-Najah Cindai Alus Putri, serta forum keilmuan Islam bersama para Ustadz-Ustadzah Pondok Modern An-Najah Cindai Alus Putri

An-Najah

An-Najah

Senin, 11 Juli 2011

AHLAN WA SAHLAN SANTRIWATI BARU

Oleh: Yunizar Ramadhani (Guru Pondok Modern An-Najah Cindai Alus Puteri)

Tahun ajaran baru telah dimulai. Wajah-wajah baru pun bermunculan. Tanggal 11 Juli 2011 para santriwati baru Pondok Modern An-Najah Cindai Alus Puteri memulai petualangan mereka dalam menuntut ilmu di pondok. Maka dengan segera seluruh santriwati baru, baik yang masuk melalui jalur regular dan jalur intensif, beramai-ramai menyiapkan segala perlengkapan mereka di pondok An-Najah, mulai dari merapikan kamar, menyediakan shunduq (lemari), sampai membeli buku-buku pelajaran. Mereka datang dari berbagai daerah, Banjarmasin, Kotabaru, Martapura, hingga Kalteng dan Kaltim.
Hari ini mereka telah mulai menempati mabna-mabna (gedung-gedung asrama) untuk segera memulai langkah mereka di Pondok An-Najah. Saatnya santriwati baru meninggalkan rumah-rumah mereka dan menjadikan pondok sebagai rumah mereka yang baru, tempat mereka dididik, menuntut ilmu, dan menjadi dewasa. Direktur Pondok, Pengasuh Pondok, seluruh jajaran dewan guru, dan kakak-kakak yang duduk di Organisasi Santriwati Pondok Modern siap membina mereka agar kelak menjadi muslimah yang akan membawa umat Islam dan seluruh umat manusia kepada kesejahteraan duniawi dan ukhrawi.
Namun begitu, pondok tidak dapat menjamin mereka untuk menjadi pintar. Pondok tak dapat menjamin mereka menjadi manusia yang shalehah. Pondok juga tak berjanji akan memastikan mereka menjadi manusia yang kamil (sempurna). Sebab pondok bukanlah arena sulap yang dapat mengeluarkan kelinci dari topi yang sempit. Akan tetapi, santriwati sendirilah yang mampu mencapai itu. Hanya santriwati sendirilah yang mampu membuat perubahan pada dirinya dari kekosongan kepada ketercerahan jiwa. Hal itu pun hanya akan terwujud jika santriwati ikhlas menerima segala pendidikan dan pembinaan yang ada di Pondok Modern An-Najah.
Ya, keikhlasanlah kuncinya. Ini sesuai dengan visi pondok yang dijalankan dengan jiwa keikhlasan. Jika seluruh pihak pengelola pondok dan santriwati berjiwa ikhlas, maka Allah sendiri yang akan “turun” untuk menyentuhkan jemari-Nya demi kesejahteraan ruh dan jiwa kita. SELAMAT DATANG SANTRIWATI BARU DAN SELAMAT MENJADI KELUARGA BARU AN-NAJAH.

1 komentar: